10 Juni 2011

Mengoperasikan Komputer

Sudah sangat wajar bila pada zaman ini anak-anak usia SD sudah mahir dalam mengutak-atik barang yang satu ini. Tak jarang, bahkan kemampuan penelusuran anak-anak lebih cepat dibanding orang dewasa. Terkadang mereka menemukan hal-hal baru yang mereka anggap menarik, dan mempelajarinya dengan cermat. Inilah yang membuat komputer lebih disukai dari sekedar buku, atau bahan ajar lainnya.
Berangkat dari hal ini, pewaspadaan orang tua terhadap pemakaian komputer anak juga perlu diwaspadai. Untuk itu, berikut akan penulis jelaskan pengoperasian Komputer yang sehat dan aman
  1. Untuk mengoperasikan komputer, pastikan bahwa anda menggunakan Stavolt dan UPS. Dengan menggunakan Stavolt, anda dapat membuat arus listrik anda menjadi stabil. Hal ini membuat Komputer yang anda pakai dapat berjalan optimal, dan memperpanjang usia hardware komputer Anda. Untuk UPS (Unlimited Power Supply) digunakan sebagai penyimpan daya listrik apabila sewaktu-waktu terjadi mati lampu sehingga komputer Anda masih memiliki waktu untuk shutdown secara normal. Pematian komputer akibat mati lampu dapat menyebabkan konsleting, error hardware, dan kerusakan Operating System.
  2. Bila Anda memiliki budget yang cukup, pastikan anda menggunakan layar LCD daripada menggunakan layar Tabung. Hal ini dikarenakan radiasi layar Tabung jauh lebih besar dibanding LCD. Layar tabung membuat pancaran sinar yang menyilaukan dan merusak kepekaan mata dalam jangka waktu yang lama. Bila tidak, anda dapat menggunakan Kaca Protektor untuk Monitor Tabung Anda, sehingga sedikit mengurangi radiasi yang ada.
  3. Pastikan jalur-jalur kelistrikan anda terjalin dengan rapi. Jalur listrik yang amburadul dapat menyebabkan jaringan arus yang simpang-siur. Lebih dari itu, bila terdapat gangguan dari organisme lain (biasanya Tikus), maka proses konsleting akan lebih cepat memakan hardware komputer anda. Dengan begitu, selain dapat merusak hardware, tentu juga dapat mengakibatkan bahaya yang lebih luas seperti kebakaran dan lain sebagainya. Untuk melindungi jaringan kabel, cobalah menggunakan pipa paralon kecil sehingga melindungi kabel-kabel arus listrik, dan kabel-kabel komputer.
  4. Bila komputer Anda terkoneksi dengan Internet, pastikan bahwa privasi penggunaan akses Anda diatur sedemikian rupa, agar penggunaan akses internet tidak berlebihan dan tidak digunakan untuk kepentingan yang kurang baik. Terlebih lagi, bila Anda memiliki anak usia dini, yang sangat tertarik dengan hal baru. Untuk itu, pengamanan akses ke jaringan sangat diperlukan. Untuk pengamanan akses jaringan perjudian dan pornografi, anda dapat menggunakan nawala.
Itulah beberapa tips untuk mengoperasikan komputer dengan aman. Semoga tips-tips diatas membantu anda. Bila Ada pertanyaan atau komentar, silakan posting di bawah ini. Terima kasih.
Anda sedang membaca artikel tentang Mengoperasikan Komputer. Bila Anda merasa mendapat manfaat dari artikel ini, jangan lupa LIKE fanspage kami di atas, sebagai bentuk apresiasi terhadap blog PUSATKOMPUTERINDO. Terimakasih. ^_^

Related Posts:

2 komentar:

Pertanyaan, Saran & Kritik silakan tulis melalui komentar di bawah ini.
Mohon menggunakan bahasa yang Sopan. ^_^